Tentang

31 May 2012

Badak Jawa (Rhinoceros sondaicus) adalah spesies badak yang paling langka diantara kelima spesies badak yang ada di bumi dengan estimasi populasi sebanyak 50 individu di Taman Nasional Ujung Kulon, Provinsi Banten. Spesies ini hingga awal abad 20 masih bisa ditemui di Semenanjung Indo-Cina dan Sumatera selain Pulau Jawa. Berbeda dengan spesies badak lain yang dapat ditemukan di kebun binatang atau lokasi konservasi ex-situ, badak Jawa hanya hidup di habitat alamnya dengan tingkat reproduksi rendah yang cukup rendah.

Badak Jawa memiliki nilai historis bagi WWF-Indonesia karena awal keterlibatannya kami di Indonesia mengawali dengan penelitian spesies ini. Sekitar 50 tahun yang lalu (1962), tim WWF berusaha menyelamatkan badak Jawa dari kepunahan setelah angka populasinya turun ke jumlah kritis 25 ekor. Dengan upaya simultan bersama pemerintah dan mitra lainnya termasuk masyarakat sekitar, saat ini populasinya naik ke angka stabil sekitar 50 ekor.

Dengan punahnya populasi di Vietnam pada tahun 2011, Taman Nasional Ujung Kulon menjadi habitat terakhir bagi populasi badak Jawa.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai badak Jawa atau Taman Nasional Ujung Kulon dapat mengakses http://www.wwf.or.id/rhinocare


TAGS


-

Author

Follow Me

Search

Recent Post


Categories

Archive